Dokumentasi Steamworks
Transaksi Mikro (Pembelian dalam Game)

Ringkasan

Steam menyediakan dukungan kelas dunia untuk pembelian dalam game, baik itu untuk item, mata uang dalam game, atau hal-hal lainnya. Kamu bisa menggunakan API Transaksi Mikro Steam untuk memberikan lebih banyak pilihan untuk pelanggan.

Jika kamu ingin memasukkan fitur pembelian dalam game ke Steam, kami punya beberapa saran, praktik terbaik, dan sumber daya untuk membantumu. Baik game F2P atau game yang dibeli di muka, ada beberapa elemen umum dari game dengan fitur pembelian dalam game yang dapat dipertimbangkan saat menuju perilisan di Steam.

Persyaratan Pembelian dalam Game

Kamu harus menggunakan API transaksi mikro untuk pembelian dalam game apa pun, jadi pelanggan Steam hanya bisa membeli menggunakan Steam Wallet. Kamu bisa mempelajari cara menyelesaikan integrasinya di Panduan Penerapan Transaksi Mikro.

Kamu bisa menggunakan Steam Wallet untuk membeli item secara individual atau membeli mata uang dalam game.

Mengantisipasi Penipuan

Kamu berisiko menghadapi penipuan setiap kali kamu menawarkan sesuatu yang bernilai yang dapat dibeli. Untuk toko dalam game-mu, Steam menyediakan layanan sebagai pemroses pembayaran - Steam menjalankan pemeriksaan, dalam konteks jika pengguna membeli sesuatu yang hanya bisa dimengerti oleh server game-mu.

Game-mu akan rentan jika item dalam game-nya adalah bagian dari ekonomi di mana item virtual dan layanannya bisa ditukarkan atau dihadiahkan. Jika penipuan dibiarkan merajalela dan tidak dihentikan, ini akan mengurangi nilai dari item dalam ekonomi atau membuat game tidak seimbang dan menghancurkan pengalaman gameplay dari pengguna yang sah.

Penipuan melibatkan pengguna yang membeli item atau mata uang bernilai tinggi dengan metode pembayaran hasil curian (seperti kartu kredit). Tujuan penipunya adalah memindahkan item virtual ke akun lain, baik yang dimiliki oleh penipu atau pemain yang membayar barang-barang tersebut di luar sistem. Atau, penipu dapat mencoba menjual seluruh akun, sekali lagi saat dibayar di luar sistem.

Timmu harus mencari solusi untuk menyeimbangkan perekonomian game-mu dengan cara memblokir pengguna buruk, pastikan ini tidak berdampak ke pengguna yang sah. Berikut ini adalah beberapa saran titik awal untuk perlindungan dasar terhadap beberapa jenis penipuan yang mudah:

  1. Gunakan pengetahuan dalam game dari riwayat pengguna untuk membatasi tindakan yang bisa menyebabkan penipuan. Misalnya, jika kamu tahu kalau itu pemain baru, maka sebaiknya batasi pembelian item atau mata uang yang bernilai tinggi. Pengguna baru tidak mungkin tertarik untuk membeli item atau mata uang senilai $200. Untuk mencapai hal ini, sangatlah berguna untuk menggabungkan beberapa data tentang pengguna.
    • Apakah penggunanya sudah menaikkan level ke level minimum?
    • Apakah pengguna sudah pernah melakukan pembelian? Apakah perilakunya tidak mencurigakan?
    • Berapa jumlah pembelian rata-rata di dalam game-mu selama sebulan? Apakah transaksinya terlihat terlalu jauh dari kisarannya?
    • Berapa banyak transaksi yang biasa dilakukan para pelanggan berbayar selama sebulan? Apakah pengguna ini melakukan transaksi dalam jumlah yang mencurigakan?
    • Apakah pengguna ini memiliki riwayat pertukaran yang terlihat sah?
  2. Lihat riwayat penggunna dengan menggunakan informasi dari Steam untuk memutuskan apakah transaksi atau pengguna tertentu melakukan transaksi sah. Kamu bisa dapatkan informasi dari Steam untuk membantumu memilih tindakan apa yang boleh dilakukan kepada pengguna. Panggil GetUserInfo() di API ISteamMicroTxn untuk mendapatkan informasi penggunanya. Berikut ini ada tiga kategori yang mungkin berguna dalam menentukan seberapa besar pengguna tersebut dapat dipercaya:
    • Negara – pengguna tersebut melakukan pembelian dari negara mana. Memang tidak terlalu informatif, tapi dapat berguna jika berhubungan dengan Mata Uang.
    • Mata Uang – kode mata uang yang digunakan di Steam Wallet pengguna. Biasanya, ini digunakan untuk menentukan info harga yang muncul untuk pengguna, tapi dengan melihat mata uang negaranya, kamu bisa melihat jika mata uangnya cocok dengan negara pengguna tersebut. Ini memang tidak selalu menunjukkan adanya penipuan--pengguna bisa login dan melakukan pembelian saat bepergian, tapi dengan melakukan ini, kamu akan mendapatkan informasi lebih banyak lagi saat mencari pola dalam aktivitas penipuan.
    • Status – "Aktif", "Tepercaya", atau "Terkunci".
      1. Akun ini Aktif secara default.
      2. Akun tepercaya memiliki transaksi lebih dari 90 hari tanpa adanya tagihan balik apa pun di akun Steam-nya. Harap ingat bahwa akun Tepercaya masih bisa dibajak atau "dibuat" dengan transaksi bernilai kecil untuk terlihat sah. Status ini bukan menjadi satu-satunya faktor penentu untuk menerima atau menolak pembelian.
      3. Akun Terkunci tidak dapat melakukan pembelian di Steam karena penipuan, tagihan balik, pembajakan, atau pelanggaran Layanan Kebijakan Steam. Status ini tidak selalu permanen, terutama dalam kasus pembajakan atau penagihan balik yang tidak disengaja oleh bank.
  3. Penting untuk menangkap transaksi penipuan sebelum ini berdampak ke ekonomi game.
    • Steam menangkap sebagian besar transaksi penipuan dalam waktu 48 jam setelah pembelian awal. Panggil API GetReport() setidaknya sekali dalam sehari untuk menemukan perubahan transaksi yang sesuai dengan status yang diperbarui.
    • Sebaiknya item yang baru dibeli ditahan selama 72 jam dari waktu pembelian untuk tidak dapat ditukar atau dihadiahkan. Ini tidak akan berdampak pada sebagian besar pemainmu karena mereka akan menggunakan uang dan item-nya untuk mereka sendiri, sedangkan penipu akan mencari keuntungan dengan memindahkan item-nya.
    • Jika ada pembelian yang dikembalikan, maka sistem "clawback" akan menarik dananya dan item yang dibeli dari akun penipunya. Kombinasi antara waktu terdeteksi dan pembatasan pertukaran, penipu tidak akan mendapatkan keuntungan dari akun penipuannya.
  4. Jangan tampilkan key produk pembelian dalam game yang bisa dipindahkan ke akun lain. Steam memliki API untuk memberikan paket atau membuka konten tanpa harus memperlihatkan key ke pelanggan, yang berpotensi untuk diduplikasi.
  5. Jangan izinkan pengguna untuk mengubah akun tertaut yang dijelaskan di bagian selanjutnya: Menautkan Akun.
Saran-saran ini bisa digabungkan dengan Layanan Inventaris Steam.

Menautkan Akun

Apakah kamu memiliki sistem akun sendiri? Jika demikian, kami sarankan untuk memakai API Steamworks untuk membuat atau menautkan akun pelanggan Steam dengan sistemmu secara otomatis, daripada mengharuskan pelanggan untuk membuat akun melalui game atau situs web-mu secara manual. Membuat akun baru melalui layanan lain bisa membuat beberapa pelanggan kerepotan, dan akan memberikan dampak pada calon audiensmu.

Kamu bisa menautkan akun Steam pengguna ke dalam sistemmu dengan mengambil dan memverifikasi SteamID pengguna, SteamID adalah identifikasi unik akun Steam.

Idealnya, pelanggan tidak akan bisa memutuskan akun Steam mereka dari sistem akunmu, dan menautkan akun Steam yang lain.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penautan akun, silakan lihat bagian "Penautan Akun" di dokumentasi Autentikasi Pengguna dan Verifikasi Kepemilikan.

Pertimbangan ekonomi dalam game dan praktik terbaiknya

Steamworks menyediakan berbagai peluang untuk mengintegrasikan transaksi mikro dan ekonomi dalam game. Berikut ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan.

Tonton presentasi Kyle Davis dari Steam Dev Days untuk info lebih lanjut.
https://www.youtube.com/watch?v=RHC-uGDbu7s

  1. Gunakan ekonomi dalam game untuk meningkatkan produkmu agar pelanggan lebih bahagia, bukan untuk mendapatkan pemasukan dari pelanggan yang tidak bahagia.

    Menghentikan progres pemain secara artifisial dan mata virtual yang tidak jelas sering membuat pelanggan menyesali pembelian mereka seiring waktu. Jika kamu melihat transaksi dalam game-mu sebagai cara untuk menghentikan kesenangan pelanggan untuk meminta uang, mereka cenderung mengabaikan produkmu seiring dengan waktu. Membayar untuk menghilangkan frustasi bukanlah model bisnis yang berkelanjutan, dan banyak pilihan di pasar yang cukup kompetitif bagi pemain untuk dipilih sebagai alternatif lain untuk waktu dan uang mereka.
  2. Buat sistem di mana hasil pembelian pelanggan akan membuat game-mu lebih baik.

    Banyak produk F2P, terutama game multipemain yang bergantung pada sistem di mana semakin banyak pemain mengeluarkan uang, semakin buruk dampaknya bagi pemain lain. Hindari membangun sistem di mana pemain memiliki kemampuan untuk berdampak negatif ke pengalaman pemain lain, tapi fokuslah pada produk dan item yang membuat dampak positif dalam game-mu. Kami mengutip contoh tertentu dari presentasi Steam Dev Days, tapi titik awal yang baik adalah produk yang dibuat dengan konsep sederhana: "Saya senang saat pemain di sebelah saya melakukan pembelian." Ini berlaku untuk semua genre dan gaya game, dan kami menyarankanmu untuk melakukan eksperimen terhadap produk yang ada di dalam game-mu.
  3. Dari pengguna, untuk pengguna.

    Steam Workshop memiliki alat untuk para pelanggan agar dapat membuat konten dan berkreasi satu sama lain. Pelanggan dapat membuat model, map, atau komponen berharga lain untuk game-mu. Kamu bisa pilih Workshop yang dikurasi atau terbuka, tergantung dari produk dan tujuanmu. Kreativitas dan semangat pelangganmu dapat meningkatkan nilai produkmu dan memberikan sumber konten tambahan yang banyak. Lihat dokumentasi Workshop Steam dan Diskusi Pengembang Steamworks untuk info lebih lanjut tentang Workshop Steam.

Jika kamu terlalu fokus ke metrik seperti pendapatan per hari atau per pengguna maka kamu hanya akan berfokus pada tujuan jangka pendek dan membahayakan pemain dan produkmu secara jangka panjang. Tonton pembicaraan Steam Dev Days untuk contoh spesifik dan wawasan tambahan.

Mendapatkan Hasil Maksimal dari Pembaruan

Pembaruan adalah bagian penting dari siklus hidup produkmu dan bentuk komunikasi yang penting dengan pelanggan. Kamu perlu membuat pembaruan untuk memperbaiki bug dan mengatasi masalah lainnya, tapi pembaruan besar merupakan kesempatan besar untuk menambahkan konten baru, mode baru untuk bermain, atau fitur baru untuk mendorong pelanggan agar tetap terlibat dan menarik audiens baru.

Lihat dokumentasi Praktik Terbaik, Pemasaran untuk saran dan praktik terbaik terkait cara mendapatkan hasil maksimal dari pembaruan produkmu.